SEKOLAH KADER GENIE KLECO/NGENDRO SOLO

Sebagai para pelatih tidak putus asa, cita-cita yang luhur ini mereka teruskan dilain tempat yang dapat memberi kemungkinan lebih leluasa. Dan pada tanggal 23 pebruari 1946 dibukalah kembali Sekolah Kader Genie di Solo Jawa Tengah.

Sekolah Kader Genie di Kleco/Ngendro solo  mendidik 100 siswa terdiri dari 10 orang Pa, 32 Ba dan 58 Ta.

PENDARATAN PASUKAN BELANDA (20/21 Juli 1947)

Belanda melancarkan Serangan umum dalam agresi militer Belanda ke I (Code Name: Operatie Pruduct :21 Juli-5 agustus 1947)terhadap Sumatra dan Jawa

dengan Pendaratan utama di Pasir Putih Jawa Timur.

Sektor Jawa Barat dilakukan dari arah Cirebon dan Jakarta menuju Bandung.

Mereka dapat bergerak cepat karena Jalan dan Jembatan masih utuh,ini disebabkan karena pada waktu Tentara Inggris belum ditarik dari Indonesia jalan-jalan ini dipergunakan untuk pengangkutan tawanan Jepang atas dasar persetujuan Pemerintah dan Inggris.

Dengan adanya serangan Belanda ini. Pasukan pejuang terdesak dalam kantong-kantong, namun usaha Belanda untuk menghancurkan kita tak berhasil. Markas Divisi Siliwangi di pindahkan ke Tasikmalaya termasuk Wehrkreise yang berada di bawah pimpinan Kolonel Hidayat. dalam usaha Belanda untuk merebut Sukabumi, Brigade Suryakencana terdesak mundur namun satuan-satuan zeni masih sempat melaksanakan bumi hangus.

dalam konsolidasi selanjutnya kita mengunakan satuan-satuan kecil untuk mengadakan serangan balasan dengan taknik menyerang dan menghindar (hit and run).

pasukan-pasukan zeni yang berada di kompi-kompi infantri, maupun yang berdiri sendiri dari kantong-kantong ini dengan bantuan rakyat memblokir tiap-tiap jalan terdekat baik dengan merusak jembatan,

membuat tankval maupun halang rintang dengan menebang pohon-pohon besar.

tiap kali rintangan ini di bersihkan oleh musuh dalam usaha mereka untuk mendekati dan menyerang kedudukan kita, tiap-tiap kali pula zeni segera dapat menutupnya kembali.

langkah selanjutnya adalah mengadakan sabotase dan penghadangan-penghadangan yang pada umumnya berhasil dengan baik pada pada bulan agustus 1947 pasukan Genie berhasil meledakan jembatan cimanuk di Garut

namun harus di bayar dengan gugurnya saudara Okan.

Menjelang adanya gencatan senjata berkenaan dengan persetujuan Renville, 3 anggota Genie S.Mantan, Dahlan dan Suratmin yang bertugas di bungbulang/Garut dalam suatu serangan Belanda dapat di tangkap dan di tawan di kebon Waru.

Atas perintah Divisi Siliwangi sebagai realisasi persetujuan Renville maka semua pasukan-pasukan yang berada di kantong-kantong agar mundur ke dalam garis Van Mook dalam hal ini garis yang menghubungkan Tegal dengan Gombong.

pasukan Genie yang di pimpin oleh Kapten Adam dan Letnan Saring langsung menuju ke Solo dengan kereta api. Pasukan Genie yang ada di Cepu selanjutnya di tarik ke Solo menjadi satu dengan pasukan Genie lainnya yang di tempatkan di pabrik Sisai,Kawanami dan diasramakan di Klico Purwosari. pada Februari 1948 Kapten Adam mengundurkan diri sebagai Komandan Batalyon dan di ganti oleh Kapten Yusuf Sumodihardjo  dengan Lettu Sofrandy sebagai wakilnya,sebagai hasil dari persetujuan tukar menukar tawanan Tentara RI dan Belanda maka S.Manta, Dahlan dan Suratmin kembali ke tengah-tengah kita.

Peperangan dengan Belanda makin meluas setelah Belanda melancarkan Agresi Militer Belanda II (CodeName: Operatie Kraai atau Operasi Gagak 19/12/1948) yang diawali dengan serangan terhadap Yogyakarta, ibu kota Indonesia saat itu, dan Kota Solo akhirnya menjadi basis kekuatan Belanda. menutup kemungkin untuk melanjutkan usaha kita dibidang pendidikan, sehingga terpaksa dihentikan.

Berdasarkan Perintah Kilat no 1 dari Panglima Sudirman tgl 19 Desember 1948 pkl 08.00 seluruh pasukan kembali ke kantong-kantong gerilya.

Advertisements

About cosmas97

Guru Militer di Pusat Pendidikan Zeni Kodiklat TNI AD
This entry was posted in History. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s